Langsung ke konten utama

11 Cara Berpikir Positif agar Hidup Kita Terus Bahagia dan bersemangat!

Berpikir positif ternyata bukanlah hal yang mudah dilakukan, lo! Pasalnya, tidak sedikit orang yang mendatangi ahli psikolog karena permasalahan kesulitan berpikir positif. Ditambah, cara berpikir positif untuk setiap orang memang cenderung berbeda-beda.


Terlebih saat tertimpa suatu masalah tidak sedikit orang yang cenderung langsung berpikiran negatif. Padahal menumpuk pikiran negatif dalam keseharian bisa mengganggu produktivitas. Pola pikir buruk ini juga membuat kita kesulitan untuk menikmati hidup dan berbahagia.


Buat Kita-kita yang memiliki sulit untuk berpikir positif ada beberapa cara yang bisa dicoba di rumah. Berikut ini adalah cara berpikir positif yang bisa kita lakukaan:


Perbanyak tersenyum, pertama

Cara berpikir positif yang paling mudah adalah memperbanyak tersenyum. Dalam sebuah penelitian menunjukkan, orang yang tersenyum dapat melakukan tugas penuh tekanan dengan mudah, karena merasa lebih positif.  Dibandingkan tidak menunjukan ekspresi apapun, tersenyum jauh lebih melegakan, lo! Jadi, hal pertama yang harus kita lakukan saat dihadapkan dengan pikiran buruk adalah memperbanyak tersenyum.


Tertawa, kedua

Berbagai penelitian menunjukkan, tertawa dapat menjadi cara mengurangi stres, kecemasan, dan depresi. Hal ini juga dapat meningkatkan suasana hati dan membuat beban yang kita miliki ikut berkurang. Saat pikiran terasa suntuk, cobalah membuka youtube konten lucu, film komedi, atau bercengkerama bersama sahabat. Tertawa akan membuat mood jauh lebih membaik, lo!


Berada di sekitar orang baik, ketiga

Kita-kita kita nih, ternyata pikiran negatif dan positif bisa menular, lo! Jika bergaul dengan toxic people, kita bisa saja ikutan terpengaruh dan mengikuti kebiasaannya. Begitu juga sebaliknya, ketika bergaul dengan pribadi yang positif, maka hal positif akan menular kepada kita.


Maka dari itu, usahakan untuk selalu berada dalam lingkungan yang positif, ya,.... Bukan berarti harus membeda-bedakan teman, ya. Tapi perbanyaklah interaksi dengan orang yang memiliki mindset positif.


Bayangkan masa depan yang baik, keempat

Penelitian menunjukkan, membayangkan masa depan yang baik dapat memberikan energi positif pada kehidupan. Bayangan masa depan yang baik bisa berupa karir, hubungan, ataupun pencapaian lain, ya.


Kalau kita sedang diterpa pemikiran negatif, cobalah untuk membayangkan gambaran masa depan indah yang diinginkan. Tapi jangan juga terlena untuk melamun terus menerus,  ya, .....


Ucapkan afirmasi positif pada diri sendiri, kelima

Terlalu keras terhadap diri sendiri terkadang berisiko membuat kita dipenuhi pikiran-pikiran negatif. Nah, cara berpikir positif adalah meng-counter sikap terlalu keras terhadap diri sendiri.


Penelitian menunjukkan, perubahan kecil dengan berbicara pada diri sendiri dapat memengaruhi perasaan seseorang, lo! Lakukan Positive Self-Talk Apa itu positive self-talk? Positive self-talk adalah sikap di mana kita berbicara pada diri sendiri untuk meyakinkan bahwa segala sesuatunya akan baik-baik saja, atau kita pasti bisa menyelesaikan masalah yang tengah dihadapi. Menurut penelitian, berbicara pada diri sendiri untuk menanamkan pikiran positif—sekecil apa pun itu—efektif untuk membantu mengendalikan pikiran, perasaan, dan perilaku di kala menghadapi masa-masa sulit.


Berbuat baik, keenam

Pernah mendengar ungkapan, “Saat harimu buruk cobalah melakukan tiga hal baik untuk memperbaikinya”? Ternyata ungkapan ini bukan sekadar omong kosong. Berbuat baik akan membuat pikiran kita jauh lebih positif.


Dengan melakukan kebaikan, kita akan lebih menghormati dan menghargai orang lain. Jadi jangan ragu untuk menunjukkan sikap positif saat kita merasa hari sedang buruk, ya.


Ucap Alhamdulillah (Bersyukur) Ketujuh

Belajar Bersyukur Bersyukur telah terbukti mampu mengusir rasa stres, meningkatkan harga diri, dan tentunya membangkitkan pikiran positif saat Kita menghadapi masa-masa sulit di dalam kehidupan. Biar bagaimanapun, kita pasti pernah mengalami momen-momen yang menyenangkan. Pun, jangan lupakan kehadiran keluarga maupun orang terdekat lainnya yang tak henti-hentinya memberikan dukungan. Nah, hal-hal inilah yang harus kita syukuri. Dengan demikian, pikiran positif itu akan otomatis muncul menggantikan pikiran negatif. 


Mulai Hari dengan Sesuatu yang Positif, Kedelapan.

Memulai hari dengan ‘ritual’ positif membuat kita bisa berpikir positif selama seharian. Beberapa aktivitas yang bisa Anda lakukan terkait dengan hal ini, antara lain: Olahraga pagi. Mendengarkan musik favorit. Membantu orang lain. Lakukan positive self-talking. Selain beberapa aktivitas seperti di atas, kita bisa melakukan aktivitas apa pun yang membuat suasana hati senang karena hal tersebut adalah kunci dari lahirnya pikiran positif. 


Banyak Membaca Buku Seputar Motivasi, Kesembilan.

Banyak Membaca Kutipan atau Literasi Seputar Motivasi Entah sudah berapa banyak buku atau kutipan singkat yang menyebarkan semangat dan motivasi. Hal ini juga bisa kita/Anda jadikan medium untuk menimbulkan pikiran positif di dalam diri. Kendati efektivitasnya belum dapat dipastikan, tidak ada salahnya bagi Anda/kita untuk mencoba cara berpikir positif yang satu ini, bukan? Anda butuh Literasi Penelitian Skripsi, Tesis, KTI dan Tugas AKhir D3, D4, S1 dan S2 silahkan hubungi DLUHA.co.id WA+6282136668777 dan +6287739383777.


Rayakan Momen Bahagia, Kesepuluh.

Cara agar selalu berpikir positif yang juga tak boleh kita lewatkan adalah dengan merayakan setiap momen bahagia yang terjadi, bahkan untuk hal-hal kecil sekalipun. Merayakan momen bahagia sudah selayaknya dilakukan untuk menjaga pikiran tetap positif. 


Istirahat, Kesebelas.

Terakhir, cara berpikir positif dapat dilakukan dengan istirahat. Yap, beristirahat dapat membantu Kita untuk menenangkan diri. Dengan beristirahat pikiran jadi lebih jernih dan positif. Tidak hanya itu, istirahat yang cukup juga bisa menyingkirkan rasa cemas dan khawatir yang kita rasakan, lo!


Nah, itu tadi sebelas cara berpikir positif yang bisa kita coba terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Belajar mengurangi pikiran negatif juga bisa membuat otot jauh lebih rileks, lo!

www.dLuha.net, www.dLuha.org, www.dLuha.com, www.dLuha.co.id

Postingan populer dari blog ini

Jasa Skripsi Tesis Disertasi, Sesuai Dengan Permintaan Anda

Jasa Skripsi Tesis Disertasi, Sesuai Dengan Permintaan Anda +6287739383777 WA 0821 3666 9888 WhatsApp 08980474999. Jasa Skripsi Terbaik | Garansi 100% | Bisa Ketemuan ! Online bisa: Tesis, KTI, TA semua jurusan. Keberhasilan siswa dimulai di sini, Dorong siswa membuat karya tulis asli mereka yang terbaik. | minta bantuan skripsi tidak tergolong pelacuran ilmiah, itu wajar dan sah-sah saja kalau skripsi itu dikerjakan dengan cara minta bantuan orang lain atau berkelompok /kakak angkatan atau alumi kampus /teman bahkan dengan jasa konsultasi skripsi, tapi pertanggung jawabannya harus tetap secara individual. Banyak orang beranggapan bahwa dalam menyusun skripsi, tesis atau disertasi tidak diperbolehkan mengutip atau mengcopy dari karya ilmiah lain. Padahal sebenarnya, hal itu syah dan diperbolehkan selama kita juga mencantumkan sumber atau referensi karya ilmiah tersebut sesuai kaidah yang berlaku. Pembayaran Bertahap, JAMINAN: no plagiat /tidak penjiplakan, GARANSI sampai ACC (dinyataka

PENULISAN DAN BUAT SKRIPSI

Jogjo.blogspot.com – Sudah menjelang semester akhir, tuntutan lulus lebih kuat daripada ilham pencarian judul skripsi yang pas dan sesuai. jogjo.blogspot.com hadir untuk memenuhi kebutuhanmu dalam membuat skripsi dengan 3 layanan UTAMA, kami memberikan Free Bimbingan hingga kamu lulus, kedua konsultasi dengan biaya terjangkau, ketiga jasa pembuatan skripsi. jogjo.blogspot.com bukan satu-satunya Jasa Pembuatan Skripsi, tapi kami yang terbaik dan menjadi tim Kuda Hitam bagi para mahasiswa dalam menjatuhkan pilihannya, karena jogjo.blogspot.com menerima nyaris semua jurusan perkuliahan yang dikerjakan oleh tenaga ahli dengan latar belakang pendidikan (S1,S2,S3) dan pengalaman yang sudah teruji. Kamu pun tak perlu khawatir dengan biaya yang dipatok oleh jogjo.blogspot.com, meskipun terlihat lebih rendah atau justru terlampau tinggi kami pastikan itu sudah sangat sesuai dengan pelayanan bimbingan dan hasil yang kamu dapatkan. Biaya pembuatan skripsi mulai 4,5 jt tergantung variabel, jurusan

Layanan DLUHA | CONTACT US 62 812 1516 9379

https://jokiskripsijogja.blogspot.com/  WhatsApp +628980474999 Joki Skripsi Jogja Layanan Skripsi di jogjo.blogspot.com ========================== Penulisan dan Buat Skripsi jogjo.blogspot.com – Sudah menjelang semester akhir, tuntutan lulus lebih kuat daripada ilham pencarian judul skripsi yang pas dan sesuai. jogjo.blogspot.com hadir untuk memenuhi kebutuhanmu dalam membuat skripsi dengan 3 layanan UTAMA, kami memberikan Free Bimbingan hingga kamu lulus, kedua konsultasi dengan biaya terjangkau, ketiga jasa pembuatan skripsi. jogjo.blogspot.com bukan satu-satunya Jasa Pembuatan Skripsi, tapi kami yang terbaik dan menjadi tim Kuda Hitam bagi para mahasiswa dalam menjatuhkan pilihannya, karena jogjo.blogspot.com menerima nyaris semua jurusan perkuliahan yang dikerjakan oleh tenaga ahli dengan latar belakang pendidikan (S1,S2,S3) dan pengalaman yang sudah teruji. Kamu pun tak perlu khawatir dengan biaya yang dipatok oleh jogjo.blogspot.com, meskipun terlihat lebih rendah atau justru te